Tanda-Tanda Kerusakan Hard Disk dengan Bad sector


Tanda-Tanda Kerusakan Hard Disk

Meskipun Anda mungkin dapat memperbaiki kesalahan perangkat lunak yang disebabkan oleh bad sector, dan dalam beberapa kasus Anda mungkin dapat memperbaiki bad sector sendiri, jika harddisk Anda sudah mulai gagal mekanis. Yang paling pokok adalah mendeteksi tanda kegagalan drive Anda sebelum data hilang. Mari kita lihat beberapa tanda-tanda peringatan umum kegagalan hard drive dibawah ini:

  1. Sering terjadi crash tapi tidak beraturan, terutama saat boot up Windows.
  2. Pesan kesalahan yang sering dan samar ketika melakukan kegiatan khusus seperti memindahkan file.
  3. Nama Folder dan file yang menjadi scrambled dan berubah.
  4. Hilangnya file dan folder tertentu.
  5. Menunggu sangat lama untuk mengakses folder dan file.
  6. Hard disk tidak bereaksi untuk waktu yang lama setelah Anda meminta data dengan membuka file atau folder.
  7. Output yang kacau dari pencetakan atau file terbuka.
  8. Muncul bunyi (semacam denging) yang sangat bising dalam Hard drive.

Data center banyak mengunakan harddisk sebagai storage. Pengalaman bertahun tahun menghadapi kegagalan harddisk kerja, menghasilkan pengumpulan data yang unik.

Cukup mendengar suara yang keluar dari harddisk, bisa menentukan apakah harddisk akan mulai ‘tit’ alias mati. Bila anda memiliki harddisk seperti tanda tanda dibawah ini, sebaiknya langsung membackup data penting.

1. WDC, harddisk disebutkan rentan panas, kepala head rusak dengan bunyi beberapa kali dan putaran hardisk menurun menjadi tanda harddisk dipastikan menjelang rusak.

Seagate misalnya akan terdengar suara keras aneh ketika head rusak, kadang motor berbunyi beberapa kali menjelang kerusakan semakin parah. Dan hal lainnya.

Informasi lengkap suara harddisk yang akan rusak, bisa didengar viadatacent.com/hard_drive_sounds.php

HardiskEXTERNAL HARDISKEksternal Hardisk Buffalo dengan multi koneksiHardisk portabel yang telah lulus uji coba militer

Bad sector

adalah sektor disk yang datanya tidak dapat dibaca/ditulis. Hal ini mungkin karena beberapa alasan, tetapi untuk sistem operasi Anda, yang penting adalah bahwa bagian disk itu tidak dapat lagi digunakan. Jika disk belum digunakan, atau sudah diformat ulang, bad sector tidak benar-benar menjadi masalah. Semua sistem operasi terbaru akan memetakan bad sector drive dan menghindarinya saat memformat untuk digunakan.

Hard drive modern dibuat dengan cadangan sektor-sektor yang hanya digunakan untuk menggantikan ruang hard disk yang rusak yaitu bad sector. Hal ini memungkinkan drive untuk mengkompensasi secara otomatis setiap cacat manufaktur yang mungkin dihasilkan dalam bad sector drive ketika keluar dari pabrik. Bila dalam proses format drive, bad sector terdeteksi, maka sektor cadangan ini digunakan untuk menggantikan mereka sesuai keperluan.

Kapan bad sector menjadi masalah adalah ketika sektor yang sebelumnya digunakan menjadi rusak karena kesalahan disk. Semua data pada sektor-sektor ini terancam rusak atau hancur. Sistem operasi tidak memiliki cara untuk secara otomatis mengkompensasi kerugian ini. Ujung dari masalah ini berpotensi menyebabkan korupsi data  pada skala yang lebih besar dan juga ketidakstabilan sistem jika data yang terpengaruh sangat penting yaitu file sistem.

Bad sector dapat juga disebabkan oleh kesalahan perangkat lunak, atau kesalahan kecil head dalam membaca/menulis yang menyebabkan data yang ditulis pada sektor tertentu yang akan benar-benar tidak terbaca, dan dengan demikian muncul sebagai berita buruk untuk sistem operasi. Jenis ‘soft’ bad sector pada umumnya dapat diperbaiki dengan menghapus dan kemudian memulai menulis kembali (menginstall ulang software).

Bad sector yang disebabkan oleh kesalahan mekanis memiliki kecenderungan untuk berkembang biak lebih cepat sehingga Bad sector menjadi semakin bertambah dengan cepat. Karena margin untuk bekerja di dalam disk sangat ramping, kerusakan permukaan atau sampah yang dibuat oleh kegagalan mekanis atau “head-crash” secara cepat akan menyebabkan kerusakan lebih banyak karena mengganggu proses kepala dalam membaca/menulis.

Bila memformat drive dengan ‘hard’ bad sectors seperti ini, akan menggunakan sektor kosong sebanyak mungkin untuk menggantikan Bad sector yang ada seperti yang dijelaskan di atas. Tentu saja, jika bad sector masih menyebar karena partikel permukaan longgar atau kesalahan dalam disk, disk masih akan stabil. Pada titik ini, satu-satunya pilihan adalah untuk menyelamatkan sebanyak mungkin data dari drive sebelum benar-benar mati.

Pos ini dipublikasikan di Komputer. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s